Thursday, March 28, 2013

Ultrabook Terbaru dari Samsung : Samsung New Series 5 Ultra dan Samsung Series 7 Ultra

Sekarang ini ultrabook telah menjadi fokus dan perhatian dunia. Dengan keringanan dan kecanggihan yang ditawarkan, membuat semua perusahaan IT dunia berbondong-bondong mengeluarkan ultrabook yang semakin tipis dan ringan. Pastinya, yang dimaksud dengan ultrabook adalah notebook yang sangat tipis dan pastinya ringan. Dengan fitur-fitur yang menarik tersebut, membuat banyak orang mencari ultrabook sebagai notebook barunya.

Samsung New Series 5 Ultra

Salah satu ultrabook yang harus dipertimbangkan adalah Samsung New Series 5 Ultra. Ini merupakan "regenerasi" dari Samsung Series 5 sebelumnya. Ultrabook ini memiliki sejumlah fitur yang sangat canggih dibanding pendahulunya, juga dengan ultrabook lainnya.

Saya sendiri adalah pengguna Samsung Series 5 dan saya merasa sangat puas dengan performance yang diberikan oleh ultrabook ini, jadi pastinya Samsung New Series 5 Ultra pasti akan lebih memuaskan penggunanya. Berikut, saya berikan ulasan-ulasan mengenai Samsung New Series 5 Ultra ini.

Samsung New Series 5
Design dan Layar

Untuk masalah design dan layar, Samsung New Series 5 Ultra memiliki keunggulan yang cukup tinggi diantara ultrabook lain yang selevel dengannya. Ultrabook 14 inci HD LED ini dilengkapi dengan badan yang full aluminium sehingga memberi kesan mewah. Dengan resolusi 1366x768 ppi, didukung dengan processor grafis AMD RadeonTM HD 8750M ( 2 GB gDDR3), membuat ultrabook ini semakin mantap dalam hal layar.


Berat dan Tipis

Ultrabook ini berbobot 1.83 kg yang mana sangatlah ringan, dengan ketipisan 19.5 mm. Dengan bobot dan ketipisan yang dimiliki, membuat Ultrabook ini selalu siap untuk dibawa kemana saja dengan performance yang menjanjikan.

Sistem Operasi, Memory, Processor, Storage

Sistem operasi yang dibawa oleh ultrabook ini adalah Windows 8 (64 bit) dengan dukungan 4 GB DDR3 (1600 MHz). Processor yang digunakan oleh ultrabook ini adalah Intel Core i5 3337U (1,80 GHz sampai 2,70GHz, 3MB L3 Cache). Dengan kombinasi ketiga fitur tersebut, ditambah lagi dengan storage 500GB S-ATA harddrive (termasuk 24GB ExpressCache), membuat proses-proses di ultrabook ini, seperti boot up dan shut down menjadi sangat cepat !
(Sebagai perbandingan saja, Samsung Series 5 yang saya gunakan, hanya memerlukan sekitar 10 detik untuk start up, dengan OS Windows 7 dan fitur lainnya yang sama seperti Samsung New Series 5)



Samsung New Series 5

Sound

Bagi teman-teman yang suka mendengarkan lagu, ultrabook ini tidak akan mengecewakan Anda semua. Dengan JBL Stereo Speaker (2Wx2) dan SoundAliveTM, suara yang dihasilkan oleh ultrabook ini dijamin bersih dan nyaring, sehingga teman-teman sekalian tidak perlu takut untuk kehilangan momen indah mendengarkan lagu favorit Anda.

Ports

Ultrabook ini memiliki 1 (satu) colokan USB 3.0 dan 2 (dua) colokan USB 2.0. Tidak hanya itu, ultrabook ini juga memiliki port mini-HDMI  dan port VGA untuk tetap memungkinkan penggunanya untuk melakukan presentasi ke projector. Yang tak kalah pentingnya, ultrabook ini juga memiliki 3-in-1 (SD, SDHC, SDXC) Multimedia Card Reader. Ada 1 fitur yang sangat tidak boleh dilewatkan oleh Samsung ini, yaitu kita bisa mengecas alat-alat elektronik kita melalui USB port, walaupun ultrabook ini dalam keadaan shut down !

Baterai

Mengenai masalah baterai, ultrabook ini memberikan daya tahan baterai yang sangat lama. Dikatakan oleh Samsung, bahwa ultrabook yang menggunakan baterai Li-ion 4 Cell (57Wh) ini bisa bertahan hingga 10 jam !


Samsung Series 7 Ultra


Ultrabook yang tidak bakal kalah menariknya, adalah Samsung Series 7 Ultra. Secara garis besar, ultrabook ini sangat mirip dengan Samsung New Series 5 Ultra. Untuk lebih jelasnya, simaklah ulasan saya berikut.

Samsung Series 7 Ultra
Design dan Layar

Ultrabook ini hadir dengan layar 13.3 inci SuperBright + 350nit FHD LED (1920x1080 ppi) dengan fitur Anti-Reflective. Ultrabook ini juga didukung dengan AMD Radeon™ HD 8570M Graphics dengan 1GB gDDR3 Graphic Memory (PowerExpress)



Berat dan Tipis

Ultrabook ini berbobot 1.46 kg ( 0.37 kg lebih ringan dari Samsung New Series 5) dengan ketipisan 17.5 mm. Dengan keunggulan ini, ultrabook ini akan selalu setia menemani perjalanan Anda tanpa memberi beban lebih.

Sistem Operasi, Memory, Processor, Storage

Sistem operasi yang dibawa oleh ultrabook ini adalah Windows 8 (64 bit) dengan dukungan 4 GB DDR3 (1600 MHz). Processor yang digunakan oleh ultrabook ini adalah Intel Core i5 3337U (1,80 GHz, 3MB L3 Cache). Dengan kombinasi ketiga fitur tersebut, ditambah lagi dengan storage 128GB Solid-state drive, membuat proses-proses di ultrabook ini, seperti boot up dan shut down menjadi sangat cepat ! (bahkan lebih cepat dari Samsung New Series 5 !)



Sound


Untuk teman-teman yang suka mendengarkan lagu, kedua ultrabook ini merupakan pilihan yang tepat. Samsung Series 7 Ultra hadir dengan fitur yang sama persis, yaitu JBL Stereo Speaker (2Wx2) dan SoundAliveTM.

Ports

Ultrabook ini juga memiliki jumlah port yang sama dengan Samsung New Series 5 Ultra, yaitu 1 (satu) colokan USB 3.0 dan 2 (dua) colokan USB 2.0, port mini-HDMI  sertaport VGA, 3-in-1 (SD, SDHC, SDXC) Multimedia Card Reader, namun dengan tetap hadir dengan kemampuan bisa mengecas alat-alat elektronik kita melalui USB port, walaupun ultrabook ini dalam keadaan shut down.

Baterai

Baterai ultrabook ini juga tidak akan kalah dari Samsung New Series 5. Dengan baterai Li-ion 4 Cell (57Wh), ultrabook ini dapat menemani penggunanya hingga 10 jam !


Point yang harap diingat ketika membeli ultrabook

Karena mengejar ketipisan dan keringanan, ultrabook tidak dilengkapi DVD-ROM, sehingga kita harus membeli DVD-ROM External bila ingin menggunakan DVD. Tidak hanya itu, biasanya ultrabook hanya mendukung mini-HDMI, yang mana tidak bisa langsung dihubungkan dengan kabel projector, sehingga harus membeli mini-HDMI to HDMI converter, bila diperlukan.


Untuk lebih jelas, bisa mengunjungi http://www.samsung.com/id/consumer/computers-printer/notebook-pc/essential/NP530U4E-S01ID (Samsung New Series 5 Ultra)

dan

No comments:

Post a Comment